back to top

Tips Cara Merekam Video Agar Hasil Profesional

ARTIKEL
Jakarta786 - Toko Online Jual Aksesoris Kamera Murah, Komputer, Gadget, Perlengkapan Multimedia Murah
Saat ini banyak sekali kamera dan gadget yang bisa anda gunakan untuk merekam sebuah video. Akan tetapi jika anda tidak paham mengenai teknik pengambilan rekaman video, maka hasil videonya akan terlihat buruk. Paling tidak ada beberapa faktir yang harus kita ketahui agar hasil rekaman yang dibuat mempunyai gambar yang bagus, berikut ini ada beberapa hal yang perlu anda ketahui tentang cara merekam video :

1. Shutter Speed
Di beberapa kamera profesional, ada yang perlu anda ketahui tentang bagian kecepatan shutter atau shutter speed, cobalah untuk mengambil gambar didalam dan diluar ruangan, coba pelajari menu-menu yang ada dalam kamera Anda. Sebagai langkah awal Anda bisa membaca buku panduan manualnya sebanyak 2 kali, agar Anda lebih mudah untuk memahami pengoprasiannya. 

2. Hindari Zoom
Digital camcorder saat ini banyak diproduksi dengan fitur 1000x zoom in dan zoom out. fitur ini sangat bagus, tapi masalahnya banyak orang terbawa untuk menggunakan fitur ini tanpa mengetahui apa titik lemahnya fitur ini. Gunakan fitur memperbesar dan memperkecil ini seminimal mungkin. Bahkan jika Anda harus menggunakannya, lakukanlah secara perlahan-lahan. Menggunakan fitur ini dengan lambat jauh lebih profesional dibandingkan Anda menggunakan zoom dengan cepat.

3. Gunakan Tripod / Monopod 
Tripod merupakan alat wajib bagi anda yang gemar merekam video. Gunakan tripod untuk merekam gambar agar hasil rekaman tidak bergoyang seperti ada gempa bumi. Gunakan tripod untuk merekam gambar statis, jika ingin merekam video dengan pergeakan yang lebih dinamis gunakan monopod agar anda bisa leluasa berpindah-pindah tempat dan mencari angle yang tepat.

Anda bisa melihat daftar harga Tripod murah yang berkualitas  di sini. 

4. Kamera Moving
Untuk merekam gambar dengan objek diam, sebaiknya lakukanlah beberapa pergerakan agar hasil rekaman anda tidak terlihat monoton. Gunakan alat-alat penstabil kamera seperti Stabilizer, Steadycam,  atau Shoulder Pad agar hasil rekaman video anda betul-betul stabil. 

Anda bisa melihat daftar harga stabilizer atau steadycam murah yang berkualitas di sini

6. Normal Angle
Pada posisi normal angle, kemera ditempatkan kira-kira setinggi mata subyek. Tentu saja normal angle sangat tergantung pada tingig subyek yang dishooting. Bila kita merekam kelompok anak-anak kecil yang sedang bermain, normal angle untuk orang dewasa tentu saja terlalu tinggi, maka kamera harus diturunkan setinggi mata anak.

7. Short & Simple (pendek dan sederhana)
Jangan pernah men-shoot klip video lebih dari dua menit. Ini membosankan penonton sampai JAMURAN! Menggunakan banyak klip pendek durasi 10 sampai 20 detik jauh lebih efektif.

8. Hindari Backlight
Jangan memaksakan melawan cahaya, Hindari cahaya kuat didepan Anda, Anda harus membelakangi sumber cahaya, bila memang terpaksa Anda harus melawannya dengan menggunakan lighting / pencahayaan lampu, Anda juga bisa dengan menggunakan reflektor, akan tetapi itu untuk subyek dengan jarak yang dekat.

Anda bisa melihat daftar harga aksesoris kamera yang murah dan berkualits di sini

9. Pencahayaan
Anda perlu belajar sedikit mengenai teknik pencahayaan dalam merekam video. Anda bisa gunakan Lampu tambahan yang bisa di pasang di kamera, agar anda bisa mendapat rekaman gambar yang terang dan dinamis. 

Anda bisa mengenal dan mempelajari tentang perlengkapan dan aneka video lighting yang murah dan berkualitas di sini.

10. Rekaman Suara
Bagi pengguna tingkat lanjut, merekam video juga perlu mempertimbangkan input audio agar menghasilkan rekaman audio yang layak di dengar. Anda bisa gunakan shotgun microphone yang bisa di pasanga di kamera, atau anda bisa gunakan clip on microphone untuk melakukan rekaman wawancara atau menggunakan mic external yang fungsinya agar rekaman video anda memiliki kualitas rekaman audio yang bagus. 

Anda bisa mendapatkan aneka microphone, shotgun microphone dan aksesoris audio lain yang murah dan berkualitas di sini.

Demikian Tips Cara Merekam Video agar memiliki hasil yang profesional. Semoga Bermanfaat. 

(Admin, Jakarta786)
0 item(s) in cart
cart
0 items in cart

0 item(s) in cart
cart
0 items in cart